Penulis: Ida Fiteriani, Rahma Diani, Athi' Hamidah, Chairul Anwar
Penerbit: IOP Publishing
Pada paragraf 2, dibahas mengenai pentingnya pemecahan masalah kreatif yang dapat menyelesaikan masalah dengan cara baru. Selain itu, kegiatan tersebut juga mencakup kegiatan meta kognitif.
Paragraf di atas menjelaskan hubungan antara meta kognitif dengan pemecahan masalah kreatif dimana hal tersebut merupakan faktor penting dalam kegiatan pemecahan masalah.
Namun, ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah kreatif dan meta kognitif siswa kelas 11 di SMAN 1 Sendang Agung rendah
[pink] terdapat beberapa penelitian terdahulu yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kreatif siswa. Perbedaan solusi yang ditawarkan pada artikel tersebut dibandingkan penelitian yang telah ada sebelumnya adalah penggunaan PBL integrasi STEM dengan tujuan untuk mengatasi masalah pemecahan masalah kreatif dan meta kognitif siswa [hijau].
Menurut saya, artikel tersebut memuliki novelty yang bagus. Dijelaskan secara runut mengenai pentingnya permasalahan yang diangkat, fakta di lapangan, penelitian terdahulu yang telah dilakukan, dan solusi yang ditawarkan disertai dengan perbedaan solusi dengan penelitian yang telah ada sebelumnya.
Analisis Kritis Statistik
Salah satu analisis yang digunakan pada artikel ini adalah MANOVA atau multivariate test. Digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Apabila nilai signifikansi (Sig < 0,05) maka Ho ditolak. Dalam artikel tersebut, nilai Sig < 0,05 maka disimpulkan bahwa PBL integrasi STEM efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kreatif dan meta kognitif siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar