Rabu, 14 September 2022

Analisis Journal "Evaluating item difficulty patterns for assessing student misconceptions in science across physics, chemistry, and biology concepts"

Halo fren!

Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan review mengenai jurnal proceeding internasional yang saya baca. 

Artikel tersebut berjudul

Evaluating item difficulty patterns for assessing student misconceptions in science across physics, chemistry, and biology concepts

Diterbitkan oleh Heliyon at ScienceDirect.com, Elsevier's leading platform of peer-reviewed scholarly literature, tahun 2021

Penulis artikel : Soeharto, S., & Csapó, B. 

Manuscript Artikel





Novelty artikel


Artikel ini diawali dengan pembahasan mengenai pentingnya konsep sains (blok warna kuning) dalam menjelaskan dan memahami fenomena yang mencakup seluruh disiplin ilmu sains. Konsep sains tertentu menyediakan kerangka kerja praktis untuk mengintegrasikan
disiplin ilmu sains dan memiliki dampak yang signifikan terhadap proses pembelajaran dan dalam pemikiran dan pemodelan proses alam dan teknologi.

Kemudian, dilanjutkan dengan permasalahan rendahnya konsep sains siswa Indonesia yang harus segera diatasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (blok warna pink)


Beberapa penelitian telah dilakukan sebelumnya untuk meningkatkan pemahaman konsep sains, namun menggabungkan konsep sains pada berbagai disiplin ilmu (fisika, kimia, dan biologi), belum banyak dilakukan (blok warna hijau), untuk itu dilakukanlah penelitian ini. 


Instrumen test yang digunakan adalah instrumen tes miskonsepsi two-tier test dengan distribusi 8 item diadaptasi dari the American Association for the Advancement of Science (AAAS) (2012), 2 item diadaptasi dari  (Csapo, 1998), 23 item dari pengembang.

Distribusi sebaran soal berdasarkan masing-masing disiplin ilmu.

Analisis yang dilakukan adalah menguji validitas dan reliabilitas instrumen soal yang dikembangkan. 


Pada blok kuning tampak bahwa terdapat dua parameter reliabilitas, yakni reliabilitas item dan person, dengan interval nilai 0≤x≤1, dan didapat nilai masing masing 1,00 dan 0,8. Kemudian mengukur kekonsistenan menggunakan Cornbach's alpha dan diperoleh nilai 0,8. Maka disimpulkan instrumen yang dikembangkan reliabel, atau konsisten.


Daftar Rujukan

Soeharto, S., & Csapó, B. (2021). Evaluating item difficulty patterns for assessing student misconceptions in science across physics, chemistry, and biology concepts. Heliyon7(11), e08352.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Novelty Mancova

  Judul Artikel :  Gender and age groups interactions in the quantification of bone marrow fat content in lumbar spine using 3T MR spectrosc...