Manuscript Article
Judul artikel : Peer Instruction in introductory physics: A method to bring about positive changes in students’ attitudes and beliefs
Penulis: Ping Zhang, Lin Ding, and Eric MazurAnalisis Novelty
Artikel ini membicarakan tentang perbedaan sikap dan keyakinan siswa saat sebelum dan setelah diberi perlakuan instruksi berpasangan (peer instruction), di Beijing Normal University (BNU). Diawali dengan pembahasan mengenai sikap dan keyakinan siswa yang memburuk setelah perkuliahan satu semester pada pengantar fisika, dimana siswa tidak menjadi seperti ahli, malah menjadi seperti pemula, dimana hasil tersebut konsisten pada semua pembelajaran tradisional ataupun kursus.
Kemudian dilanjutkan dengan paparan penelitian yang telah dilakukan untuk memperbaiki sikap dan keyakinan siswa pada kelas pengantar fisika, salah satunya menggunakan instructional setting. Hasil yang diperoleh yakni perubahan positif pada variabel tersebut, meskipun pada kelas tradisional. Hal tersebut dimungkinkan karena sampel tidak atau kurang homogen sehingga hasil yang diperoleh tidak akurat.
Pada penelitian ini, yang diperbaiki adalah dengan penggunaan Peer Instruction (PI) dan dengan sampel yang relatif seragam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar