Rabu, 28 September 2022

Analisis Jurnal "High School Students’ Critical Thinking Related to Their Metacognitive Self-Regulation and Physics Self-Efficacy Beliefs"

 


High School Students’ Critical Thinking Related to Their Metacognitive Self-Regulation and Physics Self-Efficacy Beliefs
Penulis: Deniz Gurcay , Hatice Ozturk Ferah
Publish: International Journal of Research in Education and Science, 3(1), 218-227.


 Analsis Novelty

Pada artikel ini, pertama kali dibahas mengenai pentingnya kemampuan berpikir kritis pada siswa. Penulis menyatakan bahwa berpikir kritis tidak hanya dipandang sebagai dalam pembelajaran akademik, namun juga dalam kehidupan sehari hari [kuning]


Kemudian, dilanjutkan dengan korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan self efficacy atau kepercayaan diri. [Kuning] Tampak bahwa siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi lebih suka menghadapi masalah yang lebih sulit, berusaha lebih keras untuk berhasil, dan gigih untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepada mereka bahkan jika mereka menghadapi suatu hambatan.
Selain itu, [pink] terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan regulasi diri (self regulation)

Penulis juga mencantumkan riwayat penelitian tentang berpikir kritis. Tampak bahwa penulis ingin menunjukkan bahwa pada peneltian terdahulu, siswa dengan kemampuan berpikir kritis akan dapat membuat keputusan dan memeriksa proses belajar secara mandiri, namun kemampuan tersebut masih minim pada level mahasiswa [hijau]

Analisis Statistik

Salah satu metode analisis yang sesuai dengan materi yang disampaikan pada Pertemuan 5 adalah mengenai analisis korelasi menggunakan pearson product moment untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis, kepercayaan diri, dan regulasi diri, sebagaimana gambar di bawah.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Novelty Mancova

  Judul Artikel :  Gender and age groups interactions in the quantification of bone marrow fat content in lumbar spine using 3T MR spectrosc...