Judul artikel: Animation-based Learning Effectiveness in Physics Learning
Penulis: Arif Rahman Aththibby, Mundilarto, Widodo
Jurnal publikasi: IOP Publishing
Analisis Novelty
Artikel ini membahas mengenai masalah rendahnya nilai ujian siswa pada beberapa tahun terakhir. disampaikan pada alinea berikut.
dalam alinea tersebut tampak bahwa, diduga rendahnya hasil ujian siswa pada beberapa tahun terakhir disebabkan karena rendahnya motivasi siswa dalam belajar.
Pada paragraf di atas dijelaskan bahwa TPACK dalam abad 21 yang menerapkan teknologi merupakan solusi dalam permasalahan aktivitas belajar
Dalam paragraf ini dilejaskan bahwa teknologi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran harus sesuai dengan kelas dan kurikulum, dan yang paling penting adalah cara belajar siswa teknologi komputer yang hanya sesuai dengan penggunaan teknik penguasaan komputer
Menurut saya, masalah yang dingin diangkat dalam artikel ini sudah jelas, yakni mengenai rendahnya motivasi siswa dalam belajar sehingga berdampak dengan hasil belajar siswa yang menjadi rendah.
Namun, belum dijelaskan mengenai fokus materi yang akan dibahas dalam materi ini, dan urgensi dari pemilihan materi tersebut. Selain itu, menurut saya perlu untuk dijelaskan beberapa penelitian terdahulu yang tujuannya untuk meningkatkan motivasi siswa dan bagaimana dampak atau kelemahannya, sehingga dapat dideteksi perbedaan penelitian yang sedang dilakukan dengan yang sebelumnya di bagian mana.
Analisis Statistik
Analisis statistik menggunakan two way manova. Untuk mengetahui keefektifan dari penerapan media pembelajaran berupa animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pembelajaran siswa menggunakan analisis multivariat MANOVA dua arah dengan program SPSS 16.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar